Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]
Siapa itu DJ?
Seorang DJ atau disc jockey, merupakan seorang yg terampil dalam memilih dan memutar rekaman musik untuk para pendengar yg menginginkan. Seorang Dj merupakan seseorang yg nasib dengan memainkan, meracik, memodifikasi, dan menghibur audiensnya dengan memutar lagu-lagu yg diatur sedemikian rupa tanpa putus/continue, jadi orang-orang yg mendengarnyapun akan senantiasa terhibur.
 Seorang DJ merupakan individu yg mengerti dan mempunyai kreatifitas dalam musik. bukan hanya itu, mereka (DJ) benar-benar terampil dalam menyeleksi lagu-lagu yg disusun dengan cara teratur dalam rangka menciptakan suatu ‘musical journey’ dimana DJ mencoba untuk mengangkat para pendengarnya masuk ke dalam suatu perjalanan musik.
Apa yg dikerjakan seorang DJ?

Pekerjaan seorang DJ bisa diibaratkan semacam operator, dimana DJ bertindak sebagai pengendali dan menyeleksi lagu-lagu yg pas buat di putar sesuai dengan suasana maupun ajaran musik yg dirinya mainkan. Dalam faktor menyeleksi lagu ini, seorang DJ akan menggabungkan teknik-teknik skill khusus dengan pengetahuannya di bidang musik untuk membangun suatu dj set/live show yg spektakuler dan disukai para pendengarnya.

Istilah DJ itu darimana?

Istilah DJ pertama kali dipakai untuk menggambarkan seorang penyiar radio yg akan menawarkan dan memainkan rekaman gramophone yg terkenal atau komersil terhadap pendengar lewat radio. Rekaman pada media ini disebut sebagai disc atau juga dikenal sebagai “vinyl/piringan hitam” dimana dalam industri ini dimainkan oleh peyiar-penyiar radio yg mem-broadcast musik lewat gelombang radio. Karena mengandung unsur disc (cakram) makanya disebut sebagai disc jockey dan selanjutnya lebih bersahabat dikenal sebagai DJ atau deejay.

*Just in case ada yg bertanya kenapa ada kata jockeynya? Karena jockey itu artinya merupakan orang-orang yg mengendalikan/mengendarai (kalau dalam bahasa inggris jockey itu pengendara kuda).
Para DJ biasanya ada dimana?
Untuk menonton seorang dj melakukan aksinya (musik live show/live set), kalian bisa menemui mereka di tempat-tempat hiburan Indoor maupun Outdoor. Para DJ biasanya bisa ditemukan hampir di segala daerah yg menyuguhkan musik sebagai hiburan utamanya. Misalkan club-club malam (discotheque), bar, lounge, bistro, expo atau bahkan di party-party kecil semacam ulang tahun atau pesta pernikahan.
Tipe-tipe DJ

Ada beberapa tipe DJ yg berkembang ketika ini. Sebut saja semacam club dj, mobile dj, radio dj, turntablist, live pa dan tak sedikit macam lainnya. Tipe-tipe dj ini sebetulnya di kategorikan sebab perbedaan tujuan music, tempat, peralatan dan beberapa faktor lainnya. Misal saja club dj bisa dikategorikan sebagai seorang DJ yg bermain di club dan memutar musik supaya audiens bisa menikmati musik sambil berdansa. Kalau radio DJ biasanya bermain di studio radio kemudian music di pancarkan lewat gelombang radio dan didengarkan oleh pendengarnya lewat radio set.

Pada ketika seorang DJ melakukan aksinya di beberapa tempat, peran dan seorang dj mungkin bervariasi tergantung pada pengaturan atau tujuan musik yg disuguhkannya.

Dalam pengertiannya, aksi memilih dan memainkan rekaman bunyi untuk pendengar yg mengharapkan merupakan sama untuk setiap DJ. Tetapi Musik yg dipilihnya, Media yg digunakan, dan tingkatan kesempurnaan dari memanipulasi bunyi merupakan faktor-faktor yg membikin tipe atau tipe DJ yg berbeda-beda.

Dibawah ini merupakan daftar-daftar paling pokok dari tipe-tipe DJ yg bisa kalian temui kini :

Radio DJ

Seorang disc jockey radio merupakan seseorang yg memilih dan memainkan musik yg kemudian disampaikan terhadap pendengar melewati gelombang radio. Dalam pekerjaannya seorang radio DJ memilih, memutar requests dan membuka open obrolan terhadap pendengarnya melewati sms, telephone atau email.

Di Indonesia radio dj ini lumayan pesat perkembangannya, hampir disemua kota di Indonesia ada radio djnya dan semakin berkembang. Seorang radio DJ biasanya dituntut lebih untuk rutin komunikatif dan up to date dengan kabar yg sedang beredar.

Bedroom DJ

Seseorang yg mempunyai peralatan dj (seperti turntables, mixer, CD decks ) dan mempunyai kesabaran untuk musik, tetapi tak dimainkan di tengah keramaian publik semacam di club atau agenda music show atau sebatas kegemaran saja. Biasanya bedroom DJ bermain untuk acara-acara private sendiri semacam pada pesta ulang tahun atau party bersekala kecil dan didengar untuk kalangan sendiri atau untuk keluarga dekatnya.



Club DJ

Seorang DJ Club merupakan seseorang yg memilih dan memainkan musik dalam suatu setelan sound system club. DJ tipe Ini yg biasanya kita temui di club-club malam semacam discotheque, bar, cafe atau resto. Seorang Club DJ biasanya merupakan sebagai resident atau dj masih di club daerah dirinya bermain. Jenis musik untuk tak sedikit club dj ini merupakan house, trance, hiphop atau urban music. Saat ini tipe DJ inilah yg paling umum tidak hanya radio DJ yg berkembang di Indonesia.

Mobile DJ

Pada awal mulanya seorang Mobile DJ merupakan satu perluasan dari Radio DJ. Mereka melaksanakan perjalanan atau meneruskan perjalanan keliling dengan peralatan dj dan sound sistem yg bisa di bawa kemana-mana dan mereka bermain dari satu lokasi berpindah kelokasi lain semacam pesta prom night sekolah atau wedding party.



Turntablist

Pernah menonton seseorang bermain scratch, mengulang-ulang part lagu/looping atau menciptakan musik dengan memakai turntablenya? Gokil banget kan??? nah itu namanya Turntablist.

Para turntablist biasanya sangat mahir dalam memakai peralatan Turntable jadi dirinya dengan keahliannya bisa membangun suatu show case dengan music atau sample yg di edit-edit dengan cara live. Beberapa orang-orang menyatakan bahwa seorang turntablist disebut juga sebagai Hiphop DJ itu sebab lagu-lagu yg di putarnya tak sedikit bergenre hiphop dan umumnya Turntablist lebih suka mixing lagu beraliran urban semacam hiphop, funk, rnb, soul atau jazz.

TIPE DJ YANG LAIN

Live PA

Ketika seorang DJ hendak membikin show yg spektakuler, biasanya dirinya tak hanya memutar dan melakukan mixing lagu saja. Ada beberapa DJ yg tampil dengan seperangkat peralatan synthetizers, samplers, sequencers, midi controllers, vokalis untuk mengisi vocal atau nyanyi dengan cara live atau musisi tambahan.

Live PA sendiri merupakan singkatan dari Live Personal Appearance atau Live Performance Artist. Pada Live PA show yg ditunjukkan mirip semacam Live Band dimana instrument/musik dimainkan dengan cara live tak pre-recorded. Jenis musik dari Live PA biasanya merupakan beraliran elektronika.
Musik DJ itu semacam apa?

Untuk genre (aliran) music, biasanya seorang DJ bisa memainkan segala tipe music mulai dari yg kalem semacam chill out, jazz sampai ke music yg pumping semacam house atau trance. Jenis ajaran music untuk DJ biasanya berbeda-beda untuk setiap individunya. Ada yg hiphop, house, trance, rock, pop top 40, dan lain sebagainya. Jadi misalkan kalian mendengar DJ Riri atau DJ Innerlight atau DJ lain semacam DJ Radd bermain, jadi kalian akan mendengar bahwa musik yg mereka putar alirannya berbeda. Jadi sebetulnya tak ada istilah DJ mempunyai alirannya sendiri.
Beberapa genre dj yg ada di dunia ini :

1. Techno
 Genre musik yg satu tentu tak sedikit di kenal di kalangan masyarakat sekarang, kenapa? sebab genre ini yg paling tak jarang di putar di club malam ataupun konser. Dan para bintang film dunia biasanya memakai genre ini sebagai genre musik mereka, contoh bintang film yg memakai genre ini:

    Tiesto
    Owl City
    Britney Spears
    Kaskade
    The Japanese Popstar
    Armin Van Buuren

2. Electronic
Electronic tak jauh beda dengan Techno cuman hanya namanya saja yg berbeda. Setiap lagu electronic tentu mereka memakai efek yg sangat kental tapi ada genre dj yg efeknya lebih dimainkan yaitu Dubstep. Tapi dari sisi permainan electronic lebih sanggup membikin orang-orang bergoyang mengikuti irama lagu tersebut, contoh bintang film yg memakai genre ini

    Daft Punk
    Tiesto
    Calvin Harris
    Dev
    David Guetta
    Cobra Starship
    All Out

3. Dubstep
Kalo kalian mendengar lagu-lagu bintang film kini tentu kalian akan kaget ‘kok lagunya gini banget?’ atau apalah gitu. Yup, genre yg mereka pilih merupakan Dubstep, Dubstep itu merukan genre dj yg baru-baru terdengar ke publik tapi telah lama ada di genre dj. Dubstep itu merupakan ajaran yg memakai efek sangat kuat dan tak sedikit sekali bunyi Drum & Bass yg di masukin ke dubstep, contoh bintang film dubstep:

    Deadmau5
    Borgore
    Pendulum
    Big Chocolate

4. Drum & Bass
Drum & Bass juga tak jarang sekali di pakai bintang film jaman sekarang, nyatanya Drum & Bass itu sama semacam Dubstep tapi hanya penamaan saja yg berbeda. Kalau kalian jeli mendengar Dusbtep tentu kalian akan merasa aneh tapi jikalau kalian mendengar Drum & Bass kalian akan mencicipi yg tak sama di lagu tersebut sebab ada unsur drum dan bass yg di masukkan, contoh bintang film yg memakai Drum & Bass:

    Nero
    Pendulum
    Borgore
    Bassnectar
    Skrillex
    Katy B
    Big Chocolate
    The Qemists
    DJ Fresh
    Iwrestledabearonce
    Magnetic Man
    Deadmau 5

5. Dance
Dance juga tergolong genre dj, jikalau yg kita kenal kini salah satu dance yg paling yaitu Shuffle, mereka memakai genre ini supaya orang-orang bisa bergoyang mengikuti irama genre dance ini, ini contoh bintang film yg memakai genre dance:

    Panca Borneo
    Infected Mushroom
    Tiesto
    LMFAO
    Afrojack
    Calvin Harris
    Daft Punk
    Britney Spears
    Ricky Martin
    Swedish House Mafia
    DJ DRTO
    Vandalism
    Angger Dimas
    The Pussy Cat Dolls
    Edward Maya

Teknik dan Skill DJ

Dalam melakukan pekerjaannya seorang DJ tak hanya sekedar membangun suatu live show dengan menyusun lagu saja, ada tak sedikit teknik dj semacam scratching, looping, mash-ups, cueing dan lain sebagainya yg digunakannya tidak hanya bisa memutar lagu. Teknik atau skill dj ini biasa dipakai untuk membentuk suatu style dan karakter music DJ itu sendiri.
Apa saja alat yg dipakai DJ?

Dalam melakukan setiap aksinya, seorang DJ biasanya memakai seperangkat alat elektronik yg disebut DJ Gears atau DJ Equipment. DJ Gears biasanya terdiri dari Media Pemutar (CD Decks atau Turntable), suatu Mixer, Headphones, DVS dan lain sebagainya…
Setiap peralatan ini mempunyai fungsinya masing-masing. Misalkan Turntable yg gunanya sebagai pemutar atau player untuk menyimak piringan hitam.


Pada foto diatas, tampak seorang DJ sedang beraksi dengan memakai beberapa peralatan yg ada di depannya. Nama-nama peralatan tersebut merupakan CD Decks (CD Player), Turntable, DJ Mixer, Headphones (yg terletak pada leher), Perangkat Komputer, dan Serato Scratch Live DVS.

Cukup mudah terbukti untuk menyatakan nama satu persatu peralatan diatas. Saya yakin, buat kalian yg dj atau pun tidak, pastinya telah mengetahui atau mendengar nama-nama peralatan tersebut sebelumnya.

Tapi taukah kalian fungsi/kegunaan peralatan diatas???

Berikut penjelasan lengkapnya mengenai alat-alat yg biasa dipakai DJ:
Input Devices

Input devices merupakan peralatan sumber bunyi atau alat yg akan menciptakan suara. Input devices didalam peralatan DJ merupakan semua peralatan yg mendukung supaya terciptanya suara/musik.

Apa saja yg tergolong dalam Input Devices?

    Media Penyimpan Data semacam kepingan CD, Piringan Hitam atau Hardisk Laptop (bagi yg memakai laptop). Fungsi dari media penyimpan data ini pastinya merupakan sebagai penyimpan data bunyi yg telah diisi/direkam kedalamnya dengan lagu/musik, jadi nantinya bisa diputar kembali.

    Media Player. Dalam faktor ini merupakan pemutar media penyimpan data semacam CD Decks atau CD Player yg bertujuan sebagai pemutar kepingan CD. Sedangkan Turntable merupakan alat yg bertujuan sebagai pemutar Piringan Hitam atau Vinyl. Kalau ngedj memakai laptop berarti media playernya merupakan aplikasi djnya.

Processing Devices

Setelah ada Input Devices yg akan menciptakan bunyi atau sebagai sumber suara, selanjutnya merupakan suara/musik akan di proses atau dimanipulasi dengan memakai processing devices. Processing devices disini merupakan semua peralatan yg mendukung DJ untuk bisa memanipulasi suara.

Apa saja yg tergolong dalam Processing Devices?

1. DJ Mixer. Mixer DJ dalam foto dj diatas letaknya ada di tahap paling tengah dari susunan peralatan DJ. Bentuk dari mixer dj biasanya lebih kecil daripada Mixer Soundsystem yg sempat kalian lihat di event musik yg pake soundsytem super gede atau pada recording studio.

Mixer DJ ini dirancang khusus buat DJ supaya DJ bisa bermain dengan signal bunyi yg masuk dari Input Devices sebelum bunyi dikeluarkan ke pendengarnya. DJ Mixer menunjukkan dj manfaat untuk mengatur volume, pitch (kekuatan frequency bunyi masuk), Treble (suara tinggi), Middle (suara tengah), Bass (suara rendah), Effects dan lain sebagainya.

2. DJ Headphones. Headphones mempunyai peran yg lumayan penting buat dije. DJ memerlukan headphones untuk bisa mendengar dan memonitor bunyi yg masuk kedalam mixer. Dalam proses audio mixing, sebelum DJ menyambung lagu yg sedang diputar ke lagu berikutnya, DJ wajib mengatur cue (starting point), tempo (kecepatan lagu), volume, equalizing, dll di lagu yg akan di sambungnya dan ini memerlukan headphones untuk memonitornya.

3. Midi Controller. Bagi DJ yg bermain memakai laptop atau komputer,

biasanya mereka memakai Midi Controller sebagai processing devices. Midi controller akan di hubungkan ke laptop lalu kemudian di singkronisasikan dengan aplikasi yg dipakainya untuk ngedj. Fungsi mutlak dari midi controller ini sebetulnya untuk memudahkan DJ mengoperasikan aplikasi dj yg dipakainya dan memberi feel (rasa) semacam memakai peralatan standard (turntable/cdj dan mixer).

Ok, seusai memasuki masa processing dimana musik telah diatur sedemikian rupa oleh sang DJ jadi selanjutnya musik tersebut akan di sampaikan terhadap pendengar. Untuk faktor ini, DJ memerlukan seperangkat peralatan Output Devices yg akan menunjukkan output berupa bunyi atau gelombang suara.
Output Devices

Ini merupakan peralatan untuk menghasilkan/memperkeras bunyi ke pendengar/crowds. Sifat Output Devices bisa berbentuk bunyi pribadi (yg dipancarkan lewat speakers) atau gelombang freqwensi (radio).

Apa saja yg tergolong dalam output devices?

    Sound System untuk DJ merupakan perpaduan dari beberapa set speakers. Besar/Power Sound System DJ rutin diadaptasi dengan venue atau kapasitas daerah dimana DJ menggelar shownya. Untuk agenda kecil semacam ulang tahun rumahan biasanya speakers yg dipakai tak sebesar ketika main di dalam club atau di lapangan outdoor. Dalam sound system tak hanya speakers saja, ada yg namanya power dan soundsytem mixer yg gunanya mengatur bagaimana bunyi akan dikeluarkan.



    Pemancar Gelombang. Khusus buat radio DJ, suatu pemancar merupakan output DJ dimana seusai seorang radio dj memutar lagu, jadi sinyal audio dari mixer radio dj akan dihubungkan ke pemancar gelombang yg bertugas untuk membagi-bagikan atau memancarkan gelombang berfrekwensi (am/fm) yg nantinya gelombang ini bisa di terima oleh pendengar memakai radio set.

Sampai disini, sebetulnya peralatan standard DJ telah tercover semua. Peralatan diatas merupakan yg paling umum dipakai oleh DJ. Dengan peralatan standard diatas seharusnya DJ telah bisa melakukan pekerjaannya. Tetapi, setiap individu DJ pastinya ingin memperkuat skill dan mengeksplorasi dunia DJ lebih jauh lagi dan dalam faktor ini tak jarang kali DJ menambahkan peralatan tambahan atau disebut sebagai Additional Devices untuk mendukung kreatifitas dan pekerjaannya.
Additional Devices

Peralatan tambahan (additional devices) merupakan peralatan tambahan dari peralatan standard diatas dan umumnya merupakan peralatan elektronik super hebat yg memungkinkan DJ untuk bermain lebih bebas lagi.

Apa saja additional devices yg di pakai dj?

Microphone. DJ yg suka shout out semacam DJ Radio atau DJ Club terkadang memerlukan Microphone untuk bisa berkomunikasi bersama crowd atau pendengarnya. Sebuah mic ditancapkan di mixer DJ dan DJ akan menyatakan yell-yell untuk menyemangati pendengarnya.

Effects Unit. Effects biasanya ditambahkan dan di singkronisasikan ke mixer DJ. Effects DJ semacam Pioneer EFX 1000 atau EFX 500 atau yg lainnya dipakai untuk menunjukkan tambahan effects terhadap bunyi yg akan dikeluarkan dari mixer semacam delay, echo, flanger, looping dan lain sebagainya.

DVS singkatan dari Digital Vinyl System. DVS merupakan suatu peralatan tambahan yg umumnya terdiri dari suatu soundcard atau box unit yg menghubungkan media player dengan mixer dan laptop (komputer). DVS ini merupakan peralatan untuk mendigitalisasi piringan hitam atau CD dimana seorang DJ tak lagi butuh untuk mengganti-ganti CD atau Vinyl setiap mengganti lagu lumayan dengan menggantinya di Laptop. DVS memungkinkan DJ untuk masih bermain memakai CD Decks atau Turntable tetapi lagu yg dipakai merupakan yg ada di Laptop atau Komputer. Untuk sebagian DJ DVS ini sangat menolong sebab DJ tak butuh repot lagi mengangkat tas CD yg berat atau piringan hitam.

Midi Controller. Midi controller tambahan semacam Akai APC40, Vestax VCI, atau Keyboard Controller biasa dipakai DJ untuk memudahkan dalam memakai aplikasi dj semacam Ableton. Seorang DJ yg merangkap producer biasanya memakai seperangkat Midi Controller ini supaya dirinya bisa bermain live layaknya musisi live band.