Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

1. Gitar Akustik





Gitar akustik artinya alat musik berdawai yang dimainkan dengan tutorial dipetik. Umumnya memakai jari maupun plektrum.
Gitar terbuat dari kayu dengan beberapa bagian dari besi / Metal serta tersedia 6 senar untuk dimainkan. Bagian atas serta bawah dari badan gitar berbentuk angka 8. 6 senar terbelit pada Pegs alias pemutar senar yang ditarik sepanjang badan gitar. Pegs / pemutar senar dipakai untuk Tuning.
                                              
2.  Gitar Listrik



Gitar listrik artinya tipe gitar yang memakai beberapa pickup untuk mengubah bunyi alias getaran dari string gitar menjadi arus listrik yang akan dikuatkan kembali dengan memakai seperangkat amplifier serta loud speaker. Suara gitar listrik dihasilkan dari getaran senar gitar yang tentang kumparan yang ada di badan gitar yang biasa disebut "pick up". Terkadang sinyal yang keluar dari pickup diubah dengan cara elektronik dengan gitar effect sebagai reverb maupun distorsi.

3.  Gitar Bass


 Gitar bass artinya alat musik dawai yang memakai listrik untuk memperbesar suaranya. Penampilannya mirip dengan gitar listrik  namun bass mempunyai tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, serta biasanya mempunyai empat senar dibandingkan dengan gitar yang mempunyai enam senar.
Bobot dari biasanya lebih berat daripada gitar listrik, sebab senarnya yang lebih tebal (untuk menjaga kerendahan nada/bunyi) jadi menyebabkan wajib memilih kayu yang lebih padat serta keras untuk menyeimbangi tekanan pada  leher gitar.Selain itu ukuran fret (kolom pada gitar) yang lebih besar yang diubahsuaikan dengan panjang senar.
Ada tidak sedikit macam bass yang dipakai hingga dengan ketika ini. Yang paling tidak sedikit dipakai berupa contra bass serta cello bass  yang biasa dipakai untuk pertunjukan opera, bass listrik biasa dipakai untuk semua tipe pertunjukan khususnya band serta bass fretless yang sama dengan bass listrik tapi tidak ada kolom/pembatas pada papan tekan pada bass tersebut. Prinsip kerja bass fretless mirip dengan contra/cello bass hanya saja berbentuk gitar listrik.

4.   Piano



Piano artinya suatu alat musik yang dimainkan dengan jari-jemari tangan, bentuk serta manfaat piano tidak lebih lebih semacam keyboard. Namun, ukuran piano lebih besar dari pada keyboard, serta piano lebih tidak sedikit tuts-nya dari pada keyboard, sedangkan keyboard cuma terdiri dari 5 tuts saja, alias ada juga keyboard yang lebih dari 5 tuts, itupun keyboard tertentu saja.
Adapun sebutan bagi pemain piano yaitu Pianis,piano juga artinya alat musik yang mampu dikategorikan sebagai bagian dari furnitur yang indah. Karenanya alat musik ini memperlukan perawatan yang baik dari pemiliknya.


5. Drum

Drum artinya alat musik yang termasuk kedalam golongan perkusi. Pada drum, setidaknya l terdiri dari satu buah membran alias lebih. Membran-membran ini biasa disebut sebagai Drum-head alias kulit drum. Pada umumnya, drumhead  di pasang di bagian atas serta bawah dari drum shell, serta menghasilkan bunyi ketika drum-head tersebut dipukul, baik memakai tangan alias tongkat pemukul yang biasa di sebut drum stick. Suara tersebut dihasilkan dari resonansi getaran pada drum-head, yang artinya yang akan terjadi dari tabrakan udara yang berada di dalam shell dengan dinding shell serta drum-head bagian bawah. Suara yang dihasilkan sangant bervariatif tergantung dari tipe drum-head yang digunakan, bahan shell yang digunakan, serta ukuran dari shell tersebut.
Drum artinya alat musik tertua, serta dipakai di seluruh belahan dunia semenjak ribuan tahun yang lalu. Mengikuti perkembangan jaman, drum sudah berevolusi hingga semacam bentuk yang kita kenal sekarang.


6.  Biola




Biola artinya suatu alat musik dawai yang dimainkan dengan tutorial  digesek. Biola mempunyai empat senar (G-D-A-E) yang disetel tidak sama satu sama lain dengan interval tepat kelima. Nada yang paling rendah artinya G. Di antara keluarga biola, yaitu viola dancello, biola yang mempunyai nada tertinggi. Kertasmusik untuk biola hampir rutin memakai alias ditulis pada kunci G. Biola dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu badan biola, leher biola, jembatan biola, papan jari, senar, serta beberapa macam perangkat pembantu.

7. Obo


Obo artinya alat musik double reed tipe woodwind.obo artinya keturunan dari shawm. Kata "obo" bersumber dari bahasa Perancis hautbois, berarti "high wood". Alat musik ini terkadang tetap disebut hautboy dalam bahasa Inggris. Seorang musikus yang memainkan obo disebut obois.

8. Saksofon



Saksofon artinya instrumen yang tetap termasuk dalam keluarga brasswind. Saksofon biasanya terbuat dari besi serta dimainkan memakai  single-reed semacam klarinet. Saksofon yang artinya ciptaan dari Adolphesax  pada tahun 1846, umumnya dihubungkan dengan popular music, big band music serta jazz, tapi awalnya ditujukan sebagai instrumen orkestra serta band militer.

9.  Flute




Flute artinya instrumen musik dari keluarga woodwind. Suara flute berkarakter lembut serta mampu dikombinasikan dengan instrumen lainnya dengan baik. Flutemodern untuk profesional umumnya terbuat dari perak, emas alias kombinasikeduanya. Sedangkan flute untuk student umumnya terbuat dari nikel-perak,atau besi yang dilapisi perak.

10. Terompet





  Terompet artinya alat musik tiup logam. Terletak pada jajaran paling atas di antarat tuba, trombon, sousafon, French horn, serta Barinton.Terompet hanya mempunyai tiga tombol, serta pemain trompet wajib menyesuaikan embouchure untuk memperoleh nada yang berbeda. Tentu saja semua orang mampu bermain trompet. Namun, bagi pemain trompet,  diperlukan nafas yang panjang serta kuat. Umumnya, perokok sedikit susah memainkannya sebab napas nya yang lebih singkat daripada orang yang bukan perokok. Jadi, apabila Anda menyukai alat musik tiup semacam trompet ini, disarankan Anda untuk tidak merokok alias mempunyai aktivitas alias kebiasaan alias penyakit yang menjadikan Anda bernapas pendek.

11.   Harmonika

Harmonika artinya alat musik yang paling mudah dimainkan.Hanya tinggal meniup serta menghisapnya harmonika akan mengeluarkan bunyi yang lumayan bagus. Harmonika bersumber dari alat musik tradisional China yang bernama 'Sheng' yang sudah dipakai kira-kira 5000 tahun yang lalu semenjak kekaisaran Nyu-kwa.


12.  Keyboard


Keyboard bersumber dari kata key yang berarti kunci. Sedangkan board berarti papan.Keybord artinya alat musik yang terdiri dari sekumpulan tuts pada suatu bidang yang mirip papan (board).

Keyboard mempunyai ciri-ciri,diantaranya:
- Umumnya mempunyai tuts 5 oktaf., pada beberapa tipe serta merek tertentu ada yang lebih dari 5 oktaf.
- Pengoperasiannya wajib memakai listrik.
- Memiliki beberapa macam bunyi mulai dari bunyi piano, flute, gitar, drum serta lain-lain.
- Dilengkapi dengan beberapa fasilitas serta fitur-fitur semacam style (musik iringan), karaoke, fitur untuk merekam serta lain-lain.

Keyboard dimainkan dengan memakai sepuluh jari yang dimainkan pada tuts sesuai nada-nada di dalam lagu yang dimainkannya. Melodi lagu dimainkan dengan jari tangan kanan sementara chord untuk mengiringi lagu dimainkan dengan jari-jari tangan kiri.

13.   Sitar



Sitar artinya alat musik yang paling terkenal serta diterima dengan baik sebagai alat musik khas India Utara. Basis Sitar dibangun dari labu labu. Sitar datang di beberapa nilai dengan harga yang tidak sama sesuai dengan dekorasi ukiran. Instrumen string ini tidak sedikit dipakai dalam pertunjukan klasik cahaya. Ada yang memproduksi Sitar dengan tampilan yang tidak tertandingi dengan tabrakan kayu. Sungguh membuatnya sangat artistik.
Alat bersenar ini mempunyai lima hingga tujuh tali dawai (dua hingga empat tali dipakai untuk memainkan melodi, serta 3 tali untuk dengung). Dibuat dari kayu yang berbentuk bujur seakan sebelah buah pear.
Cara memainkan Sitar artinya dengan meletakkannya dengan tutorial terlentang serta dipetik dengan jari-jari sebelah tangan. Jari-jari tangan sebelah lagi menekan serta luar biasa pada beberapa kedudukan di tali-tali yang mengeluarkan beberapa tingkat bunyi serta melodi. Sitar biasanya dimainkan dalam perpaduan instrumental kecil alias sebagai alat solo.

14.   Pianika


Alat musik pianika termasuk alat musik melodi yang artinya alat musik bertuts yang dimainkan dengan tutorial ditiup. Bilahan-bilahan nadanya ada yang berwarna putih untuk nada-nada orisinil (natural) serta ada yang berwarna hitam-hitam untuk memainkan nada-nada kromatis.

15.   Suling


Suling artinya alat musik dengan tutorial ditiup untuk memainkannya yang terbuat dari bambu. bunyi suling berciri lembut serta mampu dipadukan dengan alat musik lainnya dengan baik.
suling modern untuk para pakar musik umumnya terbuat dari perak,emas ataupun campuran keduanya. sedangkan suling untuk pelajar umumnya terbuat dari nikel-perak, alias besi yang dilapisi perak.
suling konser standar ditalakan di c serta mempunyai jangkauan nada 3 oktaf dimulai dari middle c. akan tetapi, pada beberapa suling untuk para pakar ada kunci tambahan untuk mencapai nada b di bawah middle c. ini berarti suling artinya salah satu alat musik orkes yang tinggi, hanya piccolo yang lebih tinggi lagi dari suling. piccolo artinya suling kecil yang ditalakan satu oktaf lebih tinggi dari suling konser standar. piccolo juga umumnya dipakai dalam orkes.